Selasa, 12 November 2013

Interaction Devices (session 7)

Keyboard Layouts

Ada beberapa layout yang sering dipakai yaitu :

  • QWERTY, pada layout ini tombol - tombol pada keyboard yang sering digunakan diletakkan berjauhan untuk mengurangi kesalahan. Namun hal ini juga menambah jarak yang harus ditempuh untuk mengetik. 



  • Dvorak, pada layout ini jarak yang harus ditempuh ini dikurangi sebanyak satu tombol. Namun layout ini kurang banyak dipakai karena user cenderung sudah terpaku pada layout QWERTY yang biasa dipakai.

  • ABCDE, mudah untuk user yang tidak pernah mengetik karena tombol keyboard diletakkan berurutan sesuai abjad.



Adapun keyboard-keyboard yang digunakan untuk alat-alat elektronik yang kecil seperti:
  • Keyboard tanpa kabel (wireless) dan keyboard yang dapat dilipat (foldable).
  • Virtual Keyboad. Contoh: keyboard yang ada pada smartphone yang menggunakan layar sentuh.
  • Cloth keyboard.
  • Soft Keys
  • Pens dan touchscreen.

Pointing devices (alat tunjuk) dapat diaplikasikan dalam 6 tipe pekerjaan:
  • Select.
  • Position.
  • Path.
  • Orient.
  • Quantify.
  • Text.
Direct Control Devices adalah alat-alat seperti keyboard dan mouse yang digunakan untuk mengontrol dan meng-input. Kelebihan direct control devices adalah mudah digunakan tetapi mudah terjadi kesalahan dalam meng-input. Contoh direct control devices:
  • Lightpen.
  • Touchscreen.
  • Stylus.
Indirect Control Devices adalah alat-alat yang digunakan untuk mengotrol dan meng-input tetapi pengguna tidak menggunakan jari tangannya secara langsung untuk menunjuk layar. Kelebihan indirect control devices adalah lebih akurat tetapi kekurangannya adalah butuh waktu untuk mempelajari dan menggunakan. Contoh indirect control devices:
  • Mouse.
  • Trackball.
  • Joystick.
  • Trackpoint.
  • Touchpad.
  • Graphics tablet.
Criteria control devices yang baik digunakan:
  • Kecepatan dan keakuratan.
  • Efisiensi untuk mengerjakan pekerjaan.
  • Butuh waktu yang sedikit untuk mempelajarinya.
  • Murah harganya dan tahan lama.
  • Ukuran tidak terlalu besar dan ringan untuk dibawa.
Perbandingan pointing devices berdasarkan faktor manusia:
  • Kecepatan menggerakkan pointing devices.
  • Keakuratan.
  • Tingkat error.
  • Waktu mempelajari.
  • Kepuasan pengguna.

Faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan:
  • Harga.
  • Ketahanan.
  • Ukuran besarnya pointing devices.
  • Berat.
  • Penggunaan di tangan kanan atau tangan kiri.
  • Kelelahan dalam menggunakan pointing devices.
  • Kecocokan dengan sistem yang lain.


Hasilnya adalah bahwa direct pointing device lebih cepat namun kurang akurat. Sementara itu graphic tablet sangat baik digunakan untuk user yang lama menggunakannya dan tidak memerlukan keyboard. Mouse juga cenderung lebih cepat daripada isometric joystick. Untuk pekerjaan yang menggabungkan mengetik dan menunjuk, cursor keys lebih cepat dan lebih disukai daripada mouse, selain itu cursor keys juga mengurangi resiko kesehatan pada pengguna.

Untuk pointing device ada sebuah aturan yaitu Fitts Law sebagai berikut

  • Tingkat kesulitan = log2 (2D / W)
  • Waktu untuk menunjuk = C1 + C2 (tingkat kesulitan)
  • C1 dan C2 merupakan konstanta yang bergantung pada device yang digunakan


Speech and Auditory Interfaces

Merupakan interface dimana dilakukan pengenalan bahasa natural dengan cara store and forward. Sistem ini memiliki biaya rendah dan cukup dapat diandalkan. Ada beberapa jenis, yaitu :
1. Discrete word recognition
2. Voice information systems
3. Speech generation
4. Audio tones, audiolization, and music (digunakan untuk memberikan sound feedback)


Display

Layar tampilan menjadi sumber utama untuk memberikan feedback pada user. Beberapa fitur yang penting diperhatikan adalah :
1. Dimensi fisik (biasanya dimensi diagonal dan ketebalan)
2. Resolusi
3. Jumlah warna yang tersedia
4. Luminansi, kontrast, dan pantulan
5. Konsumsi daya
6. Refresh rate
7. Biaya
8. Realibilitas

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih layar tampilan yang digunakan :
1. Portability
2. Privacy
3. Saliency
4. Ubiquity
5. Simultaneity

Ada beberapa teknologi untuk layar tampilan yaitu
1. Monochrome display
2. RGB shadow-mask display
3. Raster-scan cathode-ray tube (CRT)
4. Liquid-crystal display (LCD)
5. Plasma panel
6. Light-emitting diodes (LED)
7. Electronic ink
8. Braille display
9. Large display
10. Heads-up and helmet mounted display

Tidak ada komentar:

Posting Komentar