Selasa, 22 Oktober 2013

USABILITY OF INTERACTIVE SYSTEM (Session 1)

Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. 

USABILITY

Usability adalah serangkaian atribut atau alat yang dibuat atau digunakan untuk memenuhi kegiatan manusia dalam mencapai tujuan tertentu.Atribut usability adalah:
  • Understandability (dapat dimengerti)
  • Learn ability (dapat dipelajari)
  • Operability (dapat dioperasikan)
  • Attractiveness (atraktif / menarik)

Terdapat 5 tolak ukur usability, yaitu: 
  • Time to learn : waktu yang digunakan untuk mempelajari sistem tersebut
  • Speed of performance : kecepatan kenerja sistem
  • Rate of errors by users : kesalahan yang ditemukan oleh user
  • Retention over time : tingkat kejenuhan user
  • Subjective satisfaction : kepuasan pribadi user

Usability Motivation (Hal-Hal yang perlu dipertimbangkan)
  • Office, Home and Entertainment Applications
  • Exploratory, Creative, and Cooperative System
  • Social - technical System

  • Aplikasi industri dan komersil
  • Life-critical systems




    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi usability, di antaranya adalah :
    • Mengenai posisi fisik seseorang saat berhadapan dengan komputer
    • Daya ingat seseorang
    • Kecepatan belajar seseorang
    • Personality
    • Perbedaan budaya
    • Usia user
    • User dengan disabilitas





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar